PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MEMILIH FKIP, MINAT MENJADI GURU, DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU
Abstract
The research aims to determine the effect of perception students choose Faculty of Teacher Training and Education, interest to be a teacher, and labor market considerations on motivation to be a teacher. The research method used in this research is descriptive verification method with ex post facto and survey approach. The sample in this research is Economic Education Students Unila of 100 respondents. Analysis techniques using by linier regression and multiple regression. The result showed that there is a significant effect of perception students choose FKIP, interest to be a teacher, and labor market considerations on motivation to be a teacher. That analysis showed Fcount 256.931 > Ftable 2.70 with determination is (r2) about 0.889 which means motivation to be a teacher is influenced by any variables of perception students choose faculty of teacher training and education, interest to be a teacher, and labor market considerations of 88.9% and the remaining 11.1% is influenced.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa memilih FKIP, minat menjadi guru, dan pertimbangan pasar kerja terhadap motivasi menjadi guru. Metode penelitian yang digunakan deskriptif verifikatif, pendekatan ex post facto dan survey. Sampel pada penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Unila dengan jumlah 100 mahasiswa. Teknik analisis regresi liniear sederhana dan regresi linier multiple. Hasil penelitian ini bahwa ada pengaruh persepsi mahasiswa memilih FKIP, minat menjadi guru, dan pertimbangan pasar kerja terhadap motivasi menjadi guru. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 256.931 > Ftabel 2.70 dengan kadar determinasi (r2) 0.889 yang berarti motivasi menjadi guru dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa memilih FKIP, minat menjadi guru, dan pertimbangan pasar kerja sebesar 88.9% dan sisanya 11.1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Motivasi Menjadi Guru, Persepsi Mahasiswa Memilih FKIP, dan Pertimbangan Pasar Kerja
Full Text:
PDFReferences
Canrinus, Esther T. (2012). Self-efficacy,
job satisfaction, motivation and
commitment: exploring the relationships between indicators of teachers’ Professional Identity. Eur J Psychol Educ 27: 115-132.
Claudia, Vlaicu. (2015). The role of
motivation in the development of
school teachers ‘career. procedia
social and behavior sciencs. 180
(2015).
Desmita. (2017). Psikologi perkembangan.
bandung : PT. remaja rosdakarya.
Dessiana, Wilma Puteri. (2014). Analisis
faktor-faktor yang mempengaruhi
pemilihan karir mahasiswa akuntansi sebagai akuntan publik dan non akuntan publik. skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Prasetia, Dwi , Adi Murtiadi dan Ari
Ratna Ekawati. (2013). Pengantar
psikologi umum. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Putri, Ery Setyani. (2012). Pengaruh
lingkungan keluarga, prestasi belajar, dan persepsi mahasiswa tentang undang-undang guru dan dosen terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2008 dan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sharif, Nimra, Nawaz Ahmad, dan Sami
Ullah Sarwar. (2019). Factors influencing career choices. IBT Journal of Business Studies. Vol. 15 (1).
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor
yang mempengaruhinya. Jakarta :
Rineka Cipta.
Thoha, Miftah. (2014). Perilaku
organisasi: konsep dasar dan
aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Zaid, Muhammad Ikhwan. (2015). Pengaruh
gender, penghargaan finansial, dan
pertimbangan pasar kerja terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk
berkarir menjadi akunta publik. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20790
Refbacks
- There are currently no refbacks.