PENGARUH MARKETING MIX (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Rizaldi Noverisman, Yon Rizal, I Komang Winatha

Abstract


The research aims to determine the effect of Marketing Mix (Product, Price,
Place, Promotion) and service quality on the customer satisfaction. This research used experiment and associative method with ex post facto and survey approach. The population in this research is all 350 customers at the Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung and 78 as the respondents. Data collection samples used was done through observation, documentation, interview, and quistionnaire. Analysis technique by liniear regression and path analysis. The analysis showed that learning result of customer satisfaction integrated subjects is influenced by any variables of 91.7% and the remaining 8.3% is influenced by other factors which are not examined in this research.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat, Promosi) dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan asosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 350 pelanggan di Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung dan 78 sebagai responden. Sampel pengumpulan data yang digunakan dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis dengan regresi linier dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar subjek terintegrasi kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel sebesar 91,7% dan sisanya 8,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Kata Kunci: Harga, kepuasan pelanggan, produk, promosi, tempat


Full Text:

PDF

References


David, Fred R. 2011. Strategic Management. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Daryanto dan Setyobudi Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang: Gava Media.

Deliyanti Oentoro. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LakBang PRESSindo.

Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudjarwo dan Basrowi.2009. Manajemen Penelitian Sosial. Bandung : CV. Mandar Maju.

Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.