Perbandingan Life Skill Siswa Menggunakan Model Jigsaw II dan Talking Chips dengan Memperhatikan Motivasi berprestasi

Rizki Hadi Pramono, Tedi Rusman, Pujiati Pujiati

Abstract


The purpose of this research was to find out the difference of Life Skill result, interaction in Jigsaw II learning model, and Talking Chips by seeing the initial ability. The research method was quasi experiment by appraoching comparatively. This research was done in SMK 2 Mei Bandar Lampung with the population of 320 students and 75 students as samples which were determined through cluster random sampling technique. Data analysis techniques are t-Test formula and ANOVA manually and SPSS. The result of the analysis showed F count > F table or 4.908 > 4.05 which means there is difference of the study result through Jigsaw II learning model and Talking Chips and F count > F table or 42.570 > 4.05 which means there is a learning model interaction with achievment motivation and Life Skill.

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan Life Skill , interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan Talking Chips dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Penelitian ini dilakukan di SMK 2 Mei Bandar Lampung dengan populasi berjumlah 320 siswa dengan sampel sebanyak 75 siswa (2 kelas) yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varian Dua Jalan dan t – Test Dua Sampel Independen. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung  >  Ftabel atau 4,908 > 4,05 berarti ada perbedaan Life Skill siswa yang pembelajarannya mengunakan model pembelajaran Jigsaw II dan Talking Chips dan Fhitung > Ftabel atau 42,570 > 4,05 berarti terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa dan Life Skill .

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anwar. 2006. Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hasbullah. 2001. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok.Bandung: Alfabeta

Kagan, 2000. Coperative Learning Structure

Saiman, Leonardus. 2009. Kewirausahaan Teori, Praktik dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Akhmad, Sudrajat. 2009. Definisi Pendidikan Menurut UU SISDIKNAS No 20 Tahun 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F19256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.