PENGARUH MOTIVASI, STATUS EKONOMI, INFORMASI PERGURUAN TINGGI TERHADAP MINAT S2 MELALUI PRESTASI
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of learning motivation, socio-economic status of parents and college information on the interest of continuing studies S2 through student learning achievement in Economics Education 2015 FKIP force Lampung University academic year 2018/2019. The method used is descriptive verification with ex post facto approach and survey. The population in this study were students of Economic Education in 2015 FKIP force Lampung University totaling 84 students with the amount of sample was 69 students. The sampling technique used is the probability sampling with simple random sampling. The results showed that there was a significant effect of learning motivation, parents' socio-economic status and college information on the interest in continuing S2 studies through learning achievement in 2015 class of Economics Education students at the Teacher Training and Education Faculty of Lampung University academic year 2018/2019 by 55%.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan informasi perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan studi S2 melalui prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 FKIP Universitas Lampung tahun akademik 2018/2019. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto and survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 FKIP Universitas Lampung yang berjumlah 84 mahasiswa dengan jumlah sampel berjumlah 69 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan informasi perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan studi S2 melalui prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 FKIP Universitas Lampung tahun akademik 2018/2019 sebesar 55%.
Kata kunci: informasi, minat, motivasi, prestasi, status
Full Text:
PDFReferences
Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan
Tinggi (PT) menurut Provinsi, 2015-
(2018, Juli 11). Retrieved
November 27 , 2018, from Badan
Pusat Statistik:
https://www.bps.go.id/dynamictable/2
/07/11/1522/angka-partisipasikasar-apk-perguruan-tinggi-ptmenurut-provinsi-2015-2016.html
Davis, G. J. (2009). Kerangka Dasar Sistem
Informasi Manajemen. Jakarta: PT
Midas Surya Grafindo.
DIVISI TRACER STUDY JAMINAN MUTU &
TI. (n.d.). Retrieved November 12,
, from CCED University of
Lampung: cced.unila.ac.id/divisitracer-study-jaminan-mutu-ti/
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara.
Djamarah, S. (2011). Psikologi Pelajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko, B. S. (2012). Manajemen
Pemasaran Analisis Perilaku
Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Hartono, S. d. (2008). Perkembangan Peserta
Didik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
khairani, m. (2013). Psikologi Belajar.
Yogyakarta: Aswaja.
Machfoedz, M. (2009). Komunikasi
Keperawatan Komunikasi Terapeutik.
Yogyakarta: Ganbika.
Oetomo, B. S. (2008). Perencanaan dan
Pengembangan Sistem Informasi.
Yogyakarta: Andi.
Purwanto, M. N. (2010). Psikologi
Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Rusman, T. (2012). Modul Aplikasi Statistik
Penelitian dengan SPSS. Bandar
Lampung.
Salamadian. (2018, Februari 19). Tujuan
Pendidikan Nasional Menurut UU. No
Tahun 2003 Pengertian &
Fungsinya. Dipetik November 11,
, dari Salamadian.com:
https://salamadian.com/tujuanpendidikan-nasional/
Sankarto, B. S. (2008). Identifikasi Kebutuhan
Informasi melalui Teknik Pengamatan,
Wawancara, dan Angket.
Santrock, J. W. (2009). Perkembangan Anak.
Jakarta: Erlangga.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Seoekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu
Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
sugiyono. (2008). Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Bandung:
Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18525
Refbacks
- There are currently no refbacks.