PERBANDINGAN AKTIVITAS BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN PJBL DAN INQUIRI MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR

Santi Ernawati, I Komang Winatha, Rahmah Dianti Putri

Abstract


The aim of this research was to compare the learning model of Project Based with the students learning activities by concerning the second grades of SMA Negeri 1 Kota Agung. The Sampel were XI G and XI H class with the total 70 students. The data were collected by using observation sheets. The data were analyzed by using two independent sampel t-test and two way ANOVA. In this research, the research method used was quasi-experimental with comparative approaches. The result of this research showed that there was an intraction between the learning model and learning motivation in the students learning activities of SMA 1 Kota Agung at 55.4 %.

 

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran Project Based Learning dengan model pembelajaran Inquiry Learning terhadap aktivitas belajar siswa dengan memperhatikan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI G dan kelas XI H SMA Negeri 1 Kota Agung dengan jumlah sebanyak 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis menggunakan T-Test Dua Sampel Independent dan Two Way Anova. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar pada aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Kota Agung sebesar 55,4%.

 

Kata Kunci  : Aktivitas Belajar, Inquiry Learning, Motivasi Belajar, dan Project

Based Learning


Full Text:

PDF PDF

References


Anonim. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online).

E. Mulyasa. 2008. Menjadi guru professional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajar an Inovatif. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.