PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, CARA BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA MELALUI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru, cara belajar dan perhatian orang tua melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung T.P 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 19 Bandar Lampung dengan jumlah keseluruhan 123 siswa. Menggunakan rumus T Yamane dengan simple random sampling diperoleh sampel sebanyak 94 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis di lakukan dengan uji T dan uji F. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh cara mengajar guru, cara belajar dan perhatian orang tua melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar ips terpadu dengan kadar determinasi 0,547.
Kata Kunci : cara belajar, hasil belajar, mengajar, motivasi belajar, perhatian
orang tua
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri dan Asman Zain. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Reieka Cipta. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Website. Giri Eko Setyomukti “ PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN SUASANA BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PLC DI SMK MUDA PATRIA KALASAN “ eprints.uny.ac.id (jurnal nasional,13 September 2018).
Mawarmerahmawarmerah.blogspot.com,perhatian orang tua
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18302
Refbacks
- There are currently no refbacks.