PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD, TGT, DAN PAP

Riana Riana, Yon Rizal, I Komang Winatha

Abstract


The study aims to find out the comparison between the social students’ learning results using Student Teams Achievement Division, Team Games Tournament, and Picture and Picture learning model at the ninth grade of SMPN 1 Karya Penggawa academic year of 2018/2019. The population in this research is all of the ninth grade students which consist of 94 students and the sample is 71 students by using cluster random sampling. The technique analysis was done by using one way anova, tukey test and bonferroni. The research method used in this research is quasi experiment method with comparative approach. The result showed that there is differences between the social students’ learning results using Student Teams Achievement Division, Team Games Tournament, and Picture and Picture learning model.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), TGT (Team Games Tournament) dan Picture and Picture pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Karya Penggawa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX berjumlah 94 siswa dan sampel berjumlah 71 siswa dengan dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis dengan menggunakan analisis varian satu jalan dan uji lanjut tukey-test dan bonferroni. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division, team games tournament, dan picture dan picture.

Kata kunci: hasil belajar, ips terpadu, student teams achievement division, team games tournament, dan picture and picture.


Full Text:

PDF

References


Sinar. (2018). Metode active learning (upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa). Yogyakarta: Deepublish.

Dimyati, & Mujiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2011). Cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung: Nusa Media.

Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaramah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: CV. Alfabeta.

Muharom, T. (2014). Pengaruh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik di SMK Mandorjaya Kabupaten Tasikmalaya (Vol. 1). Bandung: Jurnal pendidikan dan Keguruan.

Esminarto, D. (2016). Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Briliant , 1 (1), 16-23.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjarwo, & Basrowi. (2009). Manajemen penelitian sosial. Bandung: CV. Mandar Maju.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif- progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.