Pengaruh Budaya Baca, Minat Baca, Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar dengan Memperhatikan Emotional Quotient

Desy Ayu Kartika Dewi, Tedi Rusman, Albet Maydiantoro

Abstract


The research aims to determine the effect of reading culture, reading interest, and availability of learning facilities on the students’ learning outcomes of integrated social science by paying attention to students’ emotional quotient. The population in this research is all students at the eighth grade in JHS 1 Kibang which with the total of 216 students and a sample of 140 respondents. This research used descriptive verification method with ex post facto and survey approach. Data collection was done by using quistionnaire of analysis technique by linear regression and path analysis. The resultof the analysis showed that there is a significant effect of reading culture, reading interest, and availability of learning facilities on the students’ learning outcomes of integrated social science by paying attention to students’ emotional quotient by 65%.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya baca, minat baca, dan ketersediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu dengan memperhatikan emotional quotient siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kibang sebanyak 216 siswa dan sampel sebanyak 140 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis menggunakan regresi linier dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh budaya baca, minat baca, ketersediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan memperhatikan emotional quotient sebesar 65%.

 

 

 

Kata kunci: budaya baca, emotional quotient, hasil belajar IPS Terpadu,

ketersediaan fasilitas belajar, minat baca


Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. 2016. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelegence, Kecerdasan Emosional “Mengapa EI Lebih Penting dari IQ” Terjemahan oleh T Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kusuma, Bachtiar Adnan. 2008. “Budaya Baca dalam Life Style” dalam Ilham Arief Sirajudin: Mengikat Makna Lewat Membaca. Cetakan Ke-1. Makasar: Yapensi dan Pemkot Makasar.

Mulyasa. 2008. Managemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di SekolahDasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutarno NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Uno, Hamzah B & Masri Kuadrat Umar. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.