HASIL BELAJAR IPS TERPADU, (TGT) DAN MAKE A MATCH MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR

Aulia Bagas Pratikna, Nurdin Nurdin, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this study was to determine differences of learning outcomes and interactions between learning models and learning motivation towards learning outcomes in integrated social science subjects. The method used in this study is a quasi-experimental approach. The results of data analysis showed that there were differences in the integrated social science subjects learning outcomes of students who have high, medium, and low learning motivation in students learned using the (TGT) model with Make A Match, and there were interactions between learning models and learning motivation towards learning outcomes.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen semu. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model (TGT) dengan Make A Match dan ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.

 

Kata kunci: hasil belajar, Motivasi belajar, Make A Match, (TGT).


Full Text:

PDF

References


Aprilia, F., & Muji. 2013. Perbandingan hasil belajar ekonomi melalui model pembelajaran tipe problem based instruction dan make a match (studi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberjaya Lampung Barat tahun pelajaran 2012/2013). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Bern, G. R., & Erickson, M. O. 2001. Contextual teaching and learning preparing students for the new economy. The higlight zone. [Online]. Tersedia: www.nccte.com [8 Oktober 2018]

Darmawati. 2016. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tourment dan aktivitas setting lingkungan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VI SD Negeri 2 Rambah kabupaten Rokan Hulu tahun pelajaran 2016/2017. Riau: Universitas Muhammadiyah.

Djamarah. 2010. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariyati, E. 2013. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dan problem based learning pada prestasi belajar matematika ditinjau dari multiple intelligences siswa SMP kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2012/2013.

Maryati. 2013. Peningkatan motivasi, aktivitas, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan mengunakan model teams games tournament di kelas X SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Tengah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Resminingsih, E., & Astuti, S. 2010. Bahan dasar untuk pelayanan konseling pada satuan pendidikan menengah jilid I. Jakarta: PT Grasindo.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Syarif, I. Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Paringin Balangan Tahun 2012/2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Uno, H.B., & Mohamad, N. 2011. Belajar dengan pendekatan PAILKEM.

Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.