Pengaruh Regulasi Diri, Sikap Pada Mata Pelajaran, Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar
Abstract
The purpose of this research was to determine the effect of self regulation, attitudes on subject, and learning facilities on the students’ learning outcomes of integrated social science in eighth grade of Tunas Dharma Junior High School Way Galih 2018/2019. The method used in this research is descriptive verification with ex post facto approaches and surveys. The population in this research consists of 139 students with a sample of 103 students. The sampling technique in this research is probability sampling using simple random sampling. The result showed that there was an effect of self regulation, attidudes on subjects, and learning facilities on student learning outcomes of integrated social science in eighth grade of Tunas Dharma Junior High School Way Galih 2018/2019. This is evidenced by Fcount > Ftable or 12.573 > 2.70 and significance value (sig.) < α (0.05) or 0.000 < 0.05.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh regulasi diri, sikap pada mata pelajaran, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Tunas Dharma Way Galih Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskrivtif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 139 siswa dan sampel 103 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan simpel random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh regulasi diri, sikap pada mata pelajaran, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMP Tunas Dharma Way Galih Tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel atau 12,573 > 2,70 dan nilai signifikansi (sig.) < α (0,05) atau 0,000 < 0,05.
Kata kunci : Hasil Belajar, Regulasi Diri, Sikap Pada Mata Pelajaran, Fasilitas Belajar
Full Text:
PDFReferences
Amah, N., et al. 2015. Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dengan Lingkungan Sosial Sebagai Pemoderasi.
Azwar, S. 2011. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baharuddin, & Wahyuni, E.N. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Dimyati, & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S.B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Ergen, B., & Kanadli, S. 2017. “The Effect of Self-Regulated Learning Strategies on Academic Achievement: A Meta-Analysis Study”. Eurasian Journal of Educational Research 69, 55-74.
Friskilia S, O., & Winata, H. 2018. “Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol.1_No.2, 37-44.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamadia Group.
Rahayu, R., et al. 2017. Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa. Slameto. 2010. Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17763
Refbacks
- There are currently no refbacks.