PENGARUH METODE MENGAJAR GURU, FASILITAS, DAN LINGKUNGAN MELALUI MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar di sekolah melalui motivasi Belajar terhadap hasil belajar ips terpadu Siswa kelas viii smp negeri 2 limau Tahun pelajaran 2018/2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan expost facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limau yang berjumlah 159 Siswa dengan jumlah sampel sebanyak 114 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode mengajar guru, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limau Tahun Pelajaran 2018/2019 sebesar 64,1%,
Kata Kunci : fasilitas belajar, hasil belajar, lingkungan belajar di sekolah, metode mengajar guru, dan motivasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Bafadal, Ibrahim. 2016. Manajemen perlengkapan sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Zain. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman, Tedi. (2018). Statistika parametrik. Bandar Lampung: Pendidikan Ekonomi.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17737
Refbacks
- There are currently no refbacks.