PENGARUH METODE MENGAJAR GURU, FASILITAS, DAN LINGKUNGAN MELALUI MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR

Nila Sari, Yon Rizal, Erlina Rufaidah

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of teacher teaching methods, learning facilities, and learnig environments in schools through learning motivation towards integrated learning outcomes of social students in the eighth grade of SMP N 2 Limau in 2018. The method used in this study was descriptive verification with an ex post facto approach and survey. The population in this study were eighth grade students of SMP N 2 Limau which is 159 students with a total sample of 114 students. The sampling techniques were done by using simple random sampling. The results showed that there was a significant effect of teacher teaching methods, learning facilities, and learning environments at schools on integrated learning outcomes of eighth grade of social students in SMP N 2 Limau in 2018 with 64.1%.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar di sekolah melalui motivasi Belajar terhadap hasil belajar ips terpadu Siswa kelas viii smp negeri 2 limau Tahun pelajaran 2018/2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan expost facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limau yang berjumlah 159 Siswa dengan jumlah sampel sebanyak 114 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode mengajar guru, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limau Tahun Pelajaran 2018/2019 sebesar 64,1%, 

 

Kata Kunci  : fasilitas belajar, hasil belajar, lingkungan belajar di sekolah, metode mengajar guru,  dan motivasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. 2016. Manajemen perlengkapan sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Zain. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, Tedi. (2018). Statistika parametrik. Bandar Lampung: Pendidikan Ekonomi.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.