PENGARUH POTENSI, DISIPLIN, SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT STUDI PTN MELALUI PRESTASI BELAJAR
Abstract
This study aimed to determine the effect of self-potency, learning discipline, and parents socio-economy toward the interest in continuing the study in the universities through learning achievement. The population in this study involve 217 students of class XII of SMAN 1 Seputih Mataram with the sample of 140 students. The sampling technique is probability sampling: simple random sampling. The analysis technique used linier regression and path analysis. The research method used in this research is descriptive method verification with ex post facto approach and survey. The result of the analysis showed that there is an effect of self-potency, learning discipline, and parents socio-economy toward the interest in continuing the study in the universities through learning achievement by 56.7%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potensi diri, disiplin belajar, dan sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri melalui prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMAN 1 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 217 siswa dengan sampel sebanyak 140 siswa. Tehnik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan simpel random sampling. Tehnik analisis menggunakan regresi linier dan path analysis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto and survey. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh potensi diri, disiplin belajar, dan sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri melalui prestasi belajar sebesar 56,7%.
Kata kunci: disiplin belajar, potensi diri, sosial ekonomi orang tua, minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri dan prestasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Djali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahmud, Dimyati. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laks Bang Mediatama.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyarto. 2010. Memberdayakan Potensi Kaum Muda. Klaten: Cempaka Putih.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Press Rajawali.
Tu’u, Tulus. 2013. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: gramedia widiasarana.
Walgito, Bimo. 2008. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah UniversitasLampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17718
Refbacks
- There are currently no refbacks.