Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Model Pembelajaran Cs, Jigsaw Dan Eth Dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi
Abstract
The purpose of this research was to find out the difference of economic study result, interaction in CS learning model, Jigsaw, and ETH by seeing the achievement motivation. The Research method was quasi experiment by appraoching comparatively. Data collecting technique used in this research was questionnaire, test questions, and analysed by using t-test formula and ANOVA manually and SPSS. This research was done in SMAN 17 Bandar Lampung with the population 5 classes and 3 classes as samples which were determined through cluster random sampling. The result of the analysis showed F count > F table or 3.176 > 3.11 which means there is difference study result through CS learning model, Jigsaw, and ETH and F count > F table or 35.606 > 3.11 which means there is a learning model interaction with achievement motivation.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi, interaksi penggunaan model pembelajaran Cooperative Script, Jigsaw dan Everyone Is a Teacher Here dengan memperhatikan motivasi berprestasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data melalui lembar angket, soal tes dan dianalisis dengan rumus t-test dan ANAVA menggunakan perhitungan manual dan SPSS. Penelitian ini dilakukan di SMAN 17 Bandar Lampung dengan populasi sebanyak 5 kelas dan sampel 3 kelas yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung > Ftabel atau 3,176 > 3,11 berarti ada perbedaan hasil belajar mengunakan model Cooperative Script, Jigsaw dan Everyone Is a Teacher Here dan Fhitung > Ftabel atau 35,606 > 3,11 berarti terdapat interaksi model pembelajaran dengan motivasi berprestasi.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi, CS, Jigsaw, ETH
Full Text:
PDFReferences
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah. S. B., & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo.
Silberman. 2010. 101 Cara Pelatihan dan Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamadia Group.
Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17346
Refbacks
- There are currently no refbacks.