Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kebiasaan Belajar, Metode Mengajar terhadap Hasil Belajar dengan Memperhatikan Aktivitas
Abstract
This study aims to determine the effect of parents attention, study habits, and teaching method towards the accounting learning result by considering the students learning activity of class XI IPS on SMAN 1 Sekampung Udik. The population in this research is all students of grade XI IPS on SMAN 1 Sekampung Udik which are 67 respondents and a sample of 58 respondents determined by probability sampling technique using simple random. The technique analysis was done by using linear regression and path analysis. Research subjects are students of grade XI IPS on SMAN 1 sekampung Udik. The research method used in this research is descriptive verification method with ex post facto and survey approach. The result showed that there is a significant effect of parents attention, study habits, and teaching method towards the accounting learning result by considering the students learning activity of grade XI IPS on SMAN 1 Sekampung Udik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua, kebiasaan belajar, dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi dengan memperhatikan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekampung Udik. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekampung Udik yang berjumlah 67 orang dan sampel 58 responden yang ditentukan dengan teknik probabilitas sampling dengan menggunakan simple random sampling. Teknik analisis dengan menggunakan regresi linier dan Path Analysis. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekampung Udik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua, kebiasaan belajar dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi dengan memperhatikan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekampung Udik.
Kata Kunci: Perhatian orang tua, Kebiasaan Belajar, Metode Mengajar Guru, Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Aunnurahman. 2013. Kebiasaan Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid.2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Dimyanti. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah.2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik. 2011.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah UniversitasLampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17338
Refbacks
- There are currently no refbacks.