PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of students 'perceptions of teachers' skills and the use of media on learning outcomes IPS terpadu. The population in this study is the first semester of eighth grade students of SMP 17 Serdang, divided into three classes by the number of students 75 people. By using the probability sampling Slovin formula samples obtained were 63 people. Method in this research is verification with ex post facto approach. The problem in this study is whether there is influence students 'perceptions of teachers' skills and the use of media on learning outcomes IPS terpadu. Based on the analysis of the results obtained, (1) no influence students 'perceptions of teachers' skills to the learning outcomes of IPS terpadu, (2) no influence of media use on IPS terpadu learning outcomes, (3) no influence students 'perceptions of teachers' skills and the use of media to the results IPS terpadu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dan penggunaan media terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP 17 Serdang, terbagi dalam tiga kelas dengan jumlah siswa 75 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 63 orang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dan penggunaan media terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian, (1) ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2) ada pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3) ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dan penggunaan media terhadap hasil belajar IPS Terpadu.
Kata kunci: keterampilan, guru, media, hasil
Full Text:
PDFReferences
Abdrahman, Maman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Arsyad, Azhar.2006.Media Pembelajaran.Jakarta: Rajawali Pers.
Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah.. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta: 294Hlm.
Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain.2005.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful Bahri.2006.Guru dan anak didiknya dalam interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka cipta.
Hamalik, Oemar.2003.Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Harahap. 2001. Keterampilan guru mengajar. Bandung : Pustaka Setia. Lampung: Graha Ilmu.
Rusman, Teddy. 2011. Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS. Pendidikan Ekonomi: Universitas Lampung.
Slameto.2003.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto.2010.Belajar dan Faktor-Faktor yang mempergaruhi.Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmanto, R.Gunawan. 2005. Analis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Sugiyono . 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yutmini, Sri. 2002. Ilmu Politik dalam pengajaran IPS. Jakarta :P3G
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F1732
Refbacks
- There are currently no refbacks.