Pengaruh Minat, Gaya Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa

Rahmi Afrizal, Nurdin Nurdin, I Komang Winatha

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of learning interest, learning style, and student learning activities through student learning motivation of grade VIII Integrated Social Studies learning outcomes of SMP Negeri 2 Terusan Nunyai. The analysis techniques used are Linear Regression and Path Analysis. The research method used in this study is descriptive verification with ex post facto approaches and surveys. The population in this study were 118 people and the sample were 91 people. The sampling technique in this study is probability sampling using simple random sampling. The results showed that there was a simultaneous influence between interest in learning, learning styles, and learning activities through learning motivation towards learning outcomes of grade VIII students of SMP Negeri 2 Terusan Nunyai academic year of 76.5%.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar, gaya belajar dan aktivitas belajar siswa melalui motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 2 Terusan Nunyai. Teknik analisis menggunakan Regresi Linear dan Path Analysis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 118 orang dan sample 91 orang. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh simultan antara minat belajar, gaya belajar dan aktivitas belajar melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Terusan Nunyai sebesar 76,5%.

 

 

Kata kunci  : minat belajar, gaya belajar, aktivitas belajar, motivasi belajar,  hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nasution. S. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.