Komparatif Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Camtasia Studio Dan Portofolio Dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas

Sarjini Damayanti, I Komang Winatha, rusman tedi

Abstract


This research objective was to find out the difference of study result, interaction in using of Camtasia Studio based learning media and Portofolio Class based learning media by seeing the adversity quotient. The Research method was quasi experiment by wing appraoching comparatively. The data collecting technique used in this research was observation, and it was analysed by using t-test formula and ANOVA SPSS. This research was done in SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung with the population of 7 classes and 2 classes as samples (VIII E and VIII F) which was determined through cluster random sampling. The result of the analysis showed F count  >Ftable or 5,47 > 4.01 which means there is difference between study result using Camtasia Studio based learning and Portofolio Class based learning F count> F table or 39,12 > 4,01 means there is a learning media interaction  with adversity quotient.
 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan media pembelajaran berbasis Camtasia Studio dan media pembelajaran berbasis Porotofolio Kelas dengan memperhatikan kecerdasan adversitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data melalui tes dan angket serta dianalisis dengan rumus t-test dan ANAVA menggunakan perhitungan SPSS. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung dengan populasi sebanyak 7 kelas dan sampel 2 kelas (VIII E dan VIII F) yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjukkan F hitung >Ftabel atau 5,47 > 4.01 berarti ada perbedaan hasil belajar mengunakan media pembelajaran berbasis Camtasia Studio dan Porotofolio Kelas dan Fhitung > Ftabel atau 39,12 > 4,01 berarti terdapat interaksi media pembelajaran dengan kecerdasan adversitas.

Kata Kunci:  Hasil Belajar, Camtasia Studio, Portofolio Kelas, Kecerdasan Adversitas

Full Text:

PDF

References


Aripin. 2009. Step By Step Membuat Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio Bandung: Oase Media.

Arsyad, Azhar. 2011. Media pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamka Lodang, Syamsiah, Ishak A. Paramma.2016. “Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa yang Dibelajarkan Dengan Menggunakan Media Camtasia Studio dan Media Powerpoint” (Peneletian Terhadap Pesesrta Didik Pada Kelas VI SMP Negeri 1 Sungguminasa). Makasar : UNM.

Mashita Al Arham. 2016. “Perbandingan Penggunaan Media Berbasis Camtasia Studio Dan Media Powerpoint” (Penelitian Pada Peserta Didik kelas XI SMA Negeri 8 Makasar” Makasar : UIN Alauddin.

Meli Puspita. 2015. “Perbandingan Hasil Belajar NHT dan TTW Memperhatitakan Kecerdasan Adversitas”. (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kasui) Lampung : Unila.

Sudjana & Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedajogja.

Stoltz, P. G. (2005). Adversity Quetient (alih bahasa :T. Hermaya). Jakarta : Grasindo.

Tri Suwarni Widyawati. 2009. “Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Siswa” (Penelitian terhadap Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Klaten). Surakarta : Universtas Sebelas Maret.

Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung : Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.