Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kemandirian, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Abstract
This research aims to determine the effect of emotional intelligence, independence of learning, the use of the school library and parental supervision of accounting study results. The population in research is a student X accounting of SMK Swadhipa 1 Natar years lessons 2017/2018which amounted to 71 people and a sample of 60 respondents determined by probability sampling technique with proportionate simple random sampling. Data collection was done by using questionnaire and analysis technique by using regression analysis linear simple and regression analysis multiple The research method used in this research is descriptive verification method with ex post facto and survey approach. The results showed that there is a significant effect of emotional intelligence, independence of learning, the use of the school library and parental supervisionof accounting study result grade X SMK Swadhipa 1 Natar years lessons 2017/2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kemandirian belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar akuntansi.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Swadhipa 1 Natar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 71 orang dan sampel 60 responden yang ditentukan dengan teknik probability sampling dengan proporsional simple random sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi multiple.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional, kemandirian belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swadhipa 1 Natar Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci : hasil belajar akuntansi, kecerdasan emosional, kemandirian belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah dan perhatian orang tua
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: Nuansa Aksara.
Dalyono. Muhammad. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.
Fees, Warren, Reeve. 2008. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Gottman, John. 2001. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ratnaningsih, N. 2007.Pengaruh Pembelajaran Konstektual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematika Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi UPI Bandung: Tidak Dipublikasikan.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryosubroto,B. 2009.Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tahar, Irzan dan Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, September 2006, Volume 7, Nomor 2, 91 - 101: Diterbitkan.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15943
Refbacks
- There are currently no refbacks.