Perbandingan Hasil Belajar Kewirausahaan Menggunakan Model NHT dan MAM Memperhatikan Minat Belajar

Nikita Belanova A.N, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kewirausahaan menggunakan model NHT dan MaM dengan memperhatikan minat belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi sebanyak 97 siswa dengan jumlah sampel 62 siswa yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar kewirausahaan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model NHT dibandingkan dengan model MaM, (2) Rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan MaM pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi, (3) Rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih rendah dibandingkan MaM pada siswa yang memiliki minat belajar rendah, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar pada mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas X MA Masyariqul Anwar.

 

This research of this study to determine comparison of interpreneurship learning result of  NHT and MaM model with attention to student’s learning interest. The methods used in this study is a comparative approach to experimentation. Population of 97 students with a total sample of 62 students through Cluster Random Sampling techniques. Based on the results of the research obtained : (1) there is difference of learning result of entrepreneurship of students learning between the model of  NHT and MaM, (2) Average learning results of entrepreneurship learning using model Numbered Head Together is higher than model Make a Match in students who have high learning interest, (3) Average learning results of entrepreneurship learning using model Numbered Head Together is lower than model Make a Match in students who have low learning interest, (4) There is interaction beetwen TC and MaM with student’s learning interest on interpreneurship learning.

 

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Minat Belajar,  Numbered Head Together,  Make a Match


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Ridwan. 2013. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Pers

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Slameto.2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Abas, dkk. 2010. Kewirausahaan. Yogyakarta: C.V Andi.

Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah. Lampung: UNILA.

Uno, Hamzah, B. 2012. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.