Pengaruh Motivasi, Status Sosial dan Lingkungan terhadap Minat Perguruan Tinggi Melalui Prestasi
Abstract
The purpose of this research is to know the influence of motivation to learn, socio economic status of parents and peers environment on interest to continuing education to the collage through academic achievement at class XII accounting students SMK Negeri 1 Bandar Lampung academic year 2017/2018. The method which is used in this research is descriptive verification with ex post facto approach and survey. The population in this study amounted to 99 students. The samples obtained 79 students and sampling technique is probability sampling with simple random sampling. The result of research shows that there is influence of motivation to learn, socio economic status of parents and peers environment on interest to continuing education to the collage through academic achievement at class XII accounting students SMK Negeri 1 Bandar Lampung academic year 2017/2018 simultaneously as well as partially.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi melalui prestasi belajar pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi penelitian ini berjumlah 99 siswa. Sampel yang diperoleh adalah 79 siswa dan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan, terdapat pengaruh motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi melalui prestasi belajar pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Bandar Lampung baik secara simultan maupun parsial.
Kata kunci: lingkungan, motivasi, minat perguruan tinggi, prestasi, status sosial.
Full Text:
PDFReferences
Budisantoso, Ilham. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar, Pendidikan Orang Tua, dan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XI SMA N 2 Klaten Tahun Ajaran2015/2016. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernawati, Nuning. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Skeman Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Negeri Yogyakarta.
Fitriani. 2010. Jurnal Hubungan Pendidikan Ilmiah Volume li 1 No.2. Jakarta.
Hanifah, Nur. 2015. Pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kharisma, Nabila. 2015. Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Semarang.
Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hurlock, Elizabzeth B. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajara. Jakarta: Delia Press.
Purwanto, M. Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Walgito, Bimo. 2007. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15686
Refbacks
- There are currently no refbacks.