Efektivitas Model Co-op Co-op dan Think Talk Write Unttuk Meningkatkan Life Skill

Made Selpiana, Tedi Rusman, Yon Rizal

Abstract


Research aims to know the effectiveness of co-op co-op and TTW in raising life skill. Methods used is apparent experiment with the approach comparative. The population research all students VII were 293 with samples from 60 students. Engineering data collection through observation and pair assesment. The analysis shows ( 1 ) difference between life skill students who use co-op co-op with students who use TTW on social subject, 2 ) life skill students who use co-op co-op better than with TTW seen from self-awareness ( 3 ) life skill students who use the model TTW is better than co-op co-op seen from rational thinking skills ( 4 ) life skill students who use the model co-op co-op better than with a model TTW seen from cooperating skills, 5) life skill of using Co-op Co-op is better than students who use TTW seen from communication skill.

 

Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas model Co-op Co-op dan TTW dalam meningkatkan life skill. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII berjumlah 293 dengan sampel sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penilaian antar teman. Hasil analisis menunjukkan (1) ada perbedaan rata-rata life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Co-op Co-op  dengan siswa yang menggunakan model TTW pada mata pelajaran IPS Terpadu. 2) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model Co-op Co-op  lebih baik dibandingkan dengan model TTW  dilihat dari kecakapan mengenal diri (3) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model TTW lebih baik dibandingkan dengan model Co-op Co-op  dilihat dari kecakapan berpikir rasional (4) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model Co-op Co-op  lebih baik dibandingkan dengan model TTW dilihat dari kecakapan bekerjasama (5) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model Co-op Co-op  lebih baik dibandingkan dengan model TTW dilihat dari kecakapan berkomunikasi.

Kata Kunci: Life skill, Co-op Co-op, Think Talk Write


Full Text:

PDF

References


Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: CV Alvabeta.

Anwar. 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: CV Alvabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pola Pelaksanaan Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup Melalui BBE untuk PMU. TIM Broad Based Education (BBE) Ditjen Dikdasmen Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Life Skills-Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B da Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hasbullah. 2001. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2009. Cooperatif Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kusumawati, Dia. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Co-op Co-op untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kontinental Siswa Kelas X di SMK Swadaya Temanggung. Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.