Motivasi dan Status Sosial Ekonomi terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke PTN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri siswa kelas XII IPS SMAN 01 Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif populasi dalam penelitian ini berjumlah 124 siswa. Sampel yang diperoleh sebanyak 95 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan proporsional simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh 1. Parsial motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri 2. Parsial status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri 3. Simultan motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri.
Kata kunci : minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri, motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tuaFull Text:
PDFReferences
Djaali. 2012. Psikologi pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Markum, M. Enoch. 2007. Pendidikan Tinggi dalam perspektif sejarah dan perkembangannya di Indonesia. Jakarta : UI Press.
Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Laks Bang Mediatama.
Santrock, John W. 2009. Psikologi pendidikan. Jakarta : Salemba Humanika.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15198
Refbacks
- There are currently no refbacks.