Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi, Motivasi Terhadap Kinerja Guru

Fery Desrian Octama, Nurdin Nurdin, Rahmah Dianti Putri

Abstract


The purpose of this study is to determine whether there is influence of principal leadership, communication and motivation on teacher performance in SMP Negeri 1 Batu Brak. The population of this study which amounted to 43. retrieval techniques This research using saturated sampling technique, where all respondents will be examined., "Saturation sampling is a technique of determining the sample when all members of the population used as a sample". The method used is descriptive verifikatif method with ex post facto approach and survey. The results showed that there is partial influence of principal leadership, communication, and motivation on teacher performance. Based on the analysis obtained Fcount 78.066> Ftable 2.85 indicated by multiple linear regression with coefficient of determination (r2) 0.926 which means the relationship simultaneously between teacher perceptions variable tentant principal leadership, communication, and motivation including the level of very high relationship with the level of determination of 0.857% and 14.3% influenced by other factors.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi, dan motivasi terhadap kinerja guru SMPN 1 Batu Brak. Populasi penelitian ini adalah yang berjumlah 43.Teknik pengambilan Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua responden akan diteliti., Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dngan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian menunjjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi, dan motivasi terhadap kinerja guru di. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung 78,066 > Ftabel 2,85 yang ditunjukkan dengan regresi linear multiple dengan koefisien determinasi (r2) 0,926 yang berarti hubungan secara simultan anatara variabel persepsi guru tentant kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi, dan motivasi termasuk tingkat hubungan yang sangat tinggi dengan kadar determinasi sebesar 0,857% dan 14,3% dipengaruhi faktor lain.

Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi, motivasi.


Full Text:

PDF

References


Asari. 2008. Tantangan Globalisasi Terhadap Barang Dan Jasa. Makalah

Basrowi dan Ahmad Kasimu (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rieneka Cipta

Bringham, Eugene F. 2001. Komunikasi,buku 2, edisi kedelapan, Erlangga, Jakarta

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Handoko, Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPPE Yogyakarta

Haryani. 2010. Komunikasi (Simbol-Simbol Verbal. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Malthis, Robert L dan John H Jackson. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara. 2000. Evaluasi Kinerja. Bandung : Refika Aditama

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Osei, Maxwell. 2011. The Effect of Motivation on Employee Perfomance in PT Ghana

Sugiyono. 2010 Metode PenelitianPendidikan:Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surya. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offiset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Diakses dari http://www.dikti.go.id/files/atur/UU14-2005Guru Dosen.pdf pada tanggal 2 November 2017 pukul 20.39 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.