Life Skill Model Mind Map Dan Treffinger Dengan Memperhatikan Kecerdasan Spiritual

Hening Ramadhani, Pujiati Pujiati, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this research was to find out the difference of life skill, the interaction of the use of cooperative learning model of Mind Map and Treffinger type by considering the spiritual quotient.The research method used in this research was quasi experiment with comparative approach.Data collection through test and analyzed by t-test and ANOVA using SPSS program.This research was conducted in SMAN 14 Bandar Lampung with the population were 4 classes and the sample was 2 classes (X IS 1 and X IS 2) which were specified by using cluster random sampling.The result of data analysis show F count > F table or 7,683 > 4,10 mean there was difference of learning result using Mind Map and Treffinger model and F count > F table or 28,357 > 4,10 mean there was interaction of learning model with attention to spiritual quotient.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kecakapan hidup, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Map dan Treffinger dengan memperhatikan kecerdasan spiritual.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data melalui tes dan dianalisis dengan rumus t-test dan ANAVA menggunakan program SPSS.Penelitian ini dilakukan di SMAN 14 Bandar Lampung dengan populasi sebanyak 4 kelas dan sampel 2 kelas (X IS 1 dan X IS 2) yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling.Hasil analisis data menunjukan F hitung > F tabel atau 7,683 > 4,10 berarti ada perbedaan hasil pembelajaran menggunakan model Mind Map dan Treffinger dan F hitung > F tabel atau 28,357 > 4,10 berarti terdapat interaksi model pembelajaran dengan memperhatikan kecerdasan spiritual.

Kata kunci: Life Skill, kecerdasan spiritual, Mind Map, Treffinger


Full Text:

PDF

References


Anwar. 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Bandung. Alfabeta.

Buzan. 2010. Buku Pintar Mind Map Untuk Anak. Gramedia: Jakarta.

Danah Zohar dan Ian Marshall. 2007. SQ: Spiritual Intelligence The Ultimate Intelligence. Alih Bahasa Rahmani Astuti dkk. Bandung: Penerbit Mizan Media Utama.

Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung. ALFABETA.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusumawati, Dia. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kontinental Siswa Kelas X di SMK Swadaya Temanggung. Jurusan Pendidikan Teknik Boga Dan Busana Universitas Negeri Yogyakarta.

Nachiappan, Suppiah. 2013.Analysis of Cognition Integration in Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) and Spiritual Quotient (SQ) in Transforming Cameron Highlands Youths through Hermeneutics Pedagogy. www.sciencedirect.com. Diakses (3 November 2017)

Nivedita. Life Skills Education: Needs And Strategies scholarly research journal for humanity science and english language.www.srjis.com. Diakses (3 Oktober 2017)

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Sinetar, Marsha. 2001. SPIRITUAL INTELLIGENCE. Belajar dari Anak yang Mempunyai Kesadara Diri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif da R & D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F14720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.