Perbandingan Kualitas Butir Soal Pelajaran Ekonomi antara Sekolah Berakreditas A dan B SMA Negeri
Abstract
The purpose of this research was to find the comparison of the quality of the economic items about artificial teachers of high school subject accredited A and accredited B. The methodology that was used in this research was comparative with quantitative approach. The research design used expost facto design. The population in this research were all items question on 17 High School in Bandar Lampung and the sample used by 240 item question with 6 senior high school was determined through random cluster sampling. Data collection technique documentation. Hypothesis testing using t-test of two independent samples. Based on analysis of the data, the quality of economics questions viewed from the level of difficulty, differential power items and validity of high school accredited A is better than high school accredited B, the quality of economics questions viewed from effectiveness and reliability of high school accredited B is better than high school accredited A.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kualitas butir soal buatan guru mata pelajaran ekonomi antara sekolah berakreditasi A dan berakreditasi B. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakanexpost facto. Populasi pada penelitian yaitu butir soal seluruh SMA Negeri di Bandar Lampung berjumlah 17 sekolah dan sampel yang digunakan sebanyak 240 butir soal berjumlah 6 sekolah yang ditentukan melaluicluster random sampling.Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan t-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kualitas soal dilihat dari tingkat kesukaran, daya beda dan validitas soal ekonomi SMA berakreditasi A lebih baik dari SMA berakreditasi B, sedangkan kualitas soal dilihat dari efektivitas pengecoh dan reliabilitas soal ekonomi SMA berakreditasi B lebih baik dari SMA berakreditasi A.
Kata kunci:akreditas sekolah, butir soal, ekonomi.
Full Text:
PDFReferences
Abdul, Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Arikunto, Suharsimidan Abdul Jabar, Cepi Safrudin (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. BumiAksara
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Claudia Christina, 2014. Analisis Perbandingan Kualitas Butir Soal Ujian Sekolah Bahasa Prancis Sman 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 Dilihat Dari Paradigma Klasik Dan Modern. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta
Daryanto. 2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Heri Kriswanto, 2013. Efektivitas Program Akreditasi Terhadap Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Diniyah Binaul Ummah Wonolelo Pleret Bantul. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Karzuni, 2011. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2010/2011 (Studi Kasus Di SMK Muhammadiyah Ungaran). Skripsi. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Semarang
Krathwohl, David R. 1993 Methods of Education and Social Science Research. New York: London
Mankiw, N. Gregory. 2014. Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Salemba Empat
Muzayanah. Jurnal Smart Volume 01 Nomor 01 Juni 2015. Kualitas Butir Soal Pai Pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT BinaAksara
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Transito
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13639