Hasil Belajar Ips Terpadu Model Pembelajaran (Crh) dan Co-Op-Co-Op Memperhatikan Sikap Belajar

Zania Paradiba, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


This research aims to know the results of the comparison study between ips terpadu students taught by using the learning model Course Review Horay and co-op-co-op with attention to the learning attitude. The method used is the design of experiments. Population research is grade VII SMP N 20 Bandar Lampung Population consists of 8 classes as much as 243 students. Sampling is done by Cluster Random Sampling techniques. Obtained grade VII F as class experiments with 31siswa and number of grade VII E as a class controls with the amount of 30 students. Hypothesis testing using t-test two independent samples and analysis of variance of the two roads. The results showed there is difference in attitude of learning and interaction with IPS Terpadu students using a learning model Course type Riview Horay compared with students who use the models of learning co-op-co-op.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ips terpadu antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan Co-Op-Co-Op dengan memperhatikan sikap belajar.Metode yang digunakan adalah desain eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Populasi tersebut terdiri dari 8 kelas sebanyak 243 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31siswa dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen dan analisis varians dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan dan interaksi sikap belajar IPS terpadu siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Course Riview Horay dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Co-Op-Co-Op

Kata kunci: Co-Op-Co-Op, Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar, Sikap Belajar


Full Text:

PDF

References


Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta..

Gagne (dalam Slameto, 2010: 13 Teori Belajar dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni (2009:20) model pembelajaran kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta

Miftahul Huda, 2013: 229).Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, Tedi. 2011. Aplikasi Statistik Penenlitian dengan SPSS. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung

Slavin, (2009:229) metode pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.