Pengaruh Disiplin, Motivasi, Perhatian Orang Tua dan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar
Abstract
The purpose of this research was to know the influence of discipline learning, motivation performed well, parental supervision and the use of the library in of the schools the result of study. The method used in this research is descriptive verification with ex post facto and survey approach. The population of this research was grade VIII students of SMP Negeri 2 Banjar Agung with 179 students and 124 samples with simple random sampling. Data collection techniques through questionnaires and interview. The data was analyzed by using simple linear regression formula and multiple linear regression formula. The result showed that there is influence of discipline learning, motivation performed well, parental supervision and the use of the library in the schools of the IPS Terpadu subject at the grade VIII of SMP Negeri 2 Banjar Agung in 2016/2017 academic year.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, motivasi berprestasi, perhatian orang tua dan pemanfaatan perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini, yaitu kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Agung dengan jumlah 179 dan sampel 124 yang ditentukan dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh disiplin belajar, motivasi berprestasi, perhatian orang tua dan pemanfaatan perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Agung Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: hasil belajar, disiplin, motivasi, perhatian orang tua dan pemanfaatan perpustakaan
Full Text:
PDFReferences
Djaali.2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar.2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
HS, Lasa. 2013. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.
Istadi, Irawati. 2007. Istimewakan Setiap Anak. Bekasi: Pustaka Inti.
Munandar, Utami. 2001. Cerdas dan Cemerlang/ Kiat Menemukan dan Mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryani, Nunuk dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Tulus Tuu, 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13521
Refbacks
- There are currently no refbacks.