Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Motivasi Kerja Terhadap Loyalitas Anggota Melalui Kepuasan Anggota
Abstract
This research aims to review the influence of the quality of service, workmotivation and satisfaction of a member to the loyalty members. Population inthis study was even all the members public servants handayani amounting to 82people and 45 sample respondents were determined to technique probability ofsampling using simple random. Data collection was carried out by using aquestionnaire unit analysis by using linear regression and path analysis. Thesubject of study namely the members public servants handayani. Themethodology used in research is descriptive method verifikative by ex post factoapproach and survey. The result showed that any impact on the quality of service,motivation work and satisfaction a member of loyalty members of either directlyor indirectly.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, motivasi kerja dan kepuasan anggota terhadap loyalitas anggota. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anggota Koperasi Pegawai Negeri Handayani yang berjumlah 82 orang dan sampel 45 responden yang ditentukan dengan teknik probabilitas sampling dengan menggunakan simple random. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner unit analisis dengan menggunakan Regresi Linier dan Path Analysis. Subjek penelitian yaitu anggota Koperasi Pegawai Negeri Handayani. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan, motivasi kerja dan kepuasan anggota terhadap loyalitas anggota baik secara langsung maupun tidak langsung.
Kata kunci: kepuasan anggota, kualitas pelayanan, loyalitas anggota, dan
motivasi kerja.
Full Text:
PDFReferences
Ayu, Gusti Putu Ratih Kusuma Dewi, Ni Nyman Kerti Yasa, dan Putu Gede Sukaatmadja. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT BPR Hoki di Kabupaten Tabanan. Universitas Udayana.
Prathama Rahardja, Mandala Manurung.2008. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi), Edisi ketiga. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Pushpakumari,M. D. 2008.The Impact of Job Satisfaction on Job Performance : An Empirical Analysis. Forum city, Sri Langka. Vol. 9 No1. June. pp..89-105
Rukmana Aditya Indra, Skripsi, 2006. Analisis Pengaruh Motivasi dan Kinerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan AdministrasiUnika Soegijapranata Semarang.
Sitio, Arifin. 2001. Koperasi: Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga
Sugiarto, E. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sunyoto, Hamingpraja, 2004. Jaminan Kualitas Pelayanan Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Yamit, Z. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta:
Ekonisia.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13467
Refbacks
- There are currently no refbacks.