Pengaruh Motivasi, Status Sosial Ekonomi dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi
Abstract
The purposes of this research were to know the effect on the students motivation and the parents social economic status to the interest to continuing study to state university by considering the achievement of students in class XII IPS SMA Negeri 1 Gunung Labuhan. The method used in this research was descriptive research method approach verification ex post pasto. The data collection was done by structuring interviews and spreading questionnaires to 57 students consisting of 3 classes. Data were collected through questionnaires processed with SPSS. Based on the result that there is influence between learning motivation and socioeconomic status of parent to interest to continue study to state university by considering student achievement in class XII IPS SMA Negeri 1 Gunung Labuhan in the academic year 2016/2017.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan status soosial ekonomi orangtua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan mempertimbangkan prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Gunung Labuhan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstuktur dan menyebar angket kepada 57 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh antara motivasi belajar dan status social ekonomi orangtua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri dengan mempertimbangkan prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Gunung Labuhan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: minat, motivasi, status, prestasiFull Text:
PDFReferences
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Markum M.Enoch.2007.Pendidikan Tinggi Dalam Prespektif Sejarah Dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: UI Press.
Makmum, Khairani.2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja.
Nawawi, H,H. 2003, Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta:Gajah Mada University Press.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivator Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Santrock,john w.2009.Psikologi Pendidikan.jakarta: Salemba Humanika.
Soekanto,Soerjono .2010.Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B.Bandung: Alfabeta
Syaodih, Nana Sukmadinata.2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syah,Muhibbin 2009. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru.Bandung:Remaja Rosdakarya
Syah,Muhibbin.2011.Psikologi Belajar.Jakarta:Press Rajawali.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13403
Refbacks
- There are currently no refbacks.