Pengaruh Minat, Sikap, Pemanfaatan Sarana Terhadap Hasil Belajar Dengan Dimoderatori Aktivitas Belajar

Arin Galih Prawesti, I Komang Winatha, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this research was to know the influence of learning interest,students attitude and exploiting of learning of tool towards the result of studythrough learning activity. The method used descriptive verification with ex postfacto and survey approach. The population of this research was the first yearstudents of SMA Perintis 1 Bandar Lampung with 118 students and 91 sampleswith proporsional random sampling. Data were collected through questionnairesprocessed by path analysis techniques. The results showed that: there was aninfluence of learning interest, students attitude and exploiting of learning toolstowards the result of study through learning activity in economics lesson in thefirst year students of SMA Perintis 1 Bandar Lampung in academic year of2016/2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, sikap siswa terhadap hasil belajar melalui aktivitas belajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas x dengan jumlah 118 dan sampel 91 yang ditentukan dengan proporsional random sampling. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan teknik analisis jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa: Ada pengaruh minat belajar, sikap siswa dan pemanfaatan sarana belajar terhadap hasil belajar melalui aktivitas belajar ekonomi siswa kelas X SMA Perintis 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017.


Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, minat, sikap siswa, pemanfaatan sarana


Full Text:

PDF

References


Anton, M.Mulyono. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.

Djaali. 2013 Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Zain. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001.Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukardi. 2008. MEtodelogi PEnelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tulus. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widiyanta, Ari. 2002. Sikap Terhadap Lingkungan Alam. (Online) http://library.usu.ac.id/modules.php? op=modload&name=Download&file =index&req=getit&lid=115, diakses pada november 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.