PENGARUH HARGA, PROMOSI, LOKASI, KELAS SOSIAL, PERAN DAN KONSEP DIRI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
The purpose of this research were to find out the effect of price, promotion, location, social class, role and status, and self concept of consumers againts the consumers purchases at Chandra MBK Bandar Lampung 2017. The method used was descriptive verification method by approaching ex post facto and survey.This results showed there were influence of the price, promotion, location, social class, role and status, and self concept of consumers againts the purchasing decision at Chandra MBK. Based on analysis of multiple linear regression provided Fh 30,789 > Ft 2,246 with determination (r2) 0,746 that means consumers purchases influenced by price, promotion, location, social class, role and status, and self concept of consumers of 74,6% and the rest affected by another variables.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, lokasi, kelas sosial, peran dan status serta konsep diri konsumen pada Chandra MBK Bandar Lampung 2017. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh harga, promosi, lokasi, kelas sosial, peran dan status serta konsep diri konsumen pada Chandra MBK. Berdasarkan analisis regresi linear multiple diperoleh Fh 30,789 > Ft 2,246 dengan koefisien determinasi sebesar (r2) 0,746 yang berarti keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh variabel harga, promosi, lokasi, kelas sosial, peran dan status, serta konsep diri sebesar 74,6% dan sisanya sebesar 25,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: harga, promosi, lokasi, keputusan pembelian
Full Text:
PDFReferences
Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Graha Ilmu.
Deadline S, Alfred. 2015. Pengaruh Keluarga, Kelompok Referensi, Peran dan Status terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Butik Tapis Fitri di Bandar Lampung). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kotler, Philip, Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Mardela, Suci. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Laziza Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Maryati, Wahyu Retno. 2013. Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup dan Konsep Diri terhadap Keputusan Pembelian Produk Prabayar Simpati di Kebumen. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Pajrin, Nurmalia. 2016. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada KFC Gelael Bandar Lampung Tahun 2016. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sagala, Irma Sylvia. 2010. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap KeputusanKonsumen Membeli Kartu Seluler Xl di Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Salam, Fitri Ramadhan. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Word Of MouthCommunication terhadap Minat Beli Konsumen pada CV CahayaJati Sukarame Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sepliana, Wina. 2012. Pengaruh Kelas Sosial dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Blackberry. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuisioner & Analisis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suryani,Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13228
Refbacks
- There are currently no refbacks.