Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model AIR dan TTA dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas
Abstract
This study was conducted to determine the difference of students' economic learning outcomes by using AIR and TTA learning model, and to know the role of adversityintelligence of students of class XI IPS SMA Negeri 1 Seputih Surabaya. The method used in this study is a quasi-experimental method with a communicative approach. The research design used is factorial design. The population in this study were 4 classes with 125 students and the samples used were 2 classes with the number of 60 students determined through cluster random sampling. Data collection techniques through questionnaires and tests. Hypothesis testing used two way street variance analysis and two independent sample t-test. Based on the data analysis, it is found that there are differences in economic learning outcomes and interaction using cooperative learning model type Auditory Intelectually Repitition (AIR) and Time Token Arrends (TTA) with attention to adversity quetiont.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR dan TTA, serta untuk mengetahui peran kecerdasan adversitas yang dimiliki siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Seputih Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komunikatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain factorial. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan jumlah 125 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 60 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar ekonomi dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intelectually Repitition (AIR) dan Time Token Arrends (TTA) dengan memperhatikan kecerdasan adversitas.
Kata Kunci : AIR, hasil belajar, kecerdasan adversitas, TTA
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2006. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riyanto. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Stoltz, Paul.G. 2000. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.
Vera (Juliani). 2012. Pembelajaran membaca pemahaman wacana dengan menggunakan teknik SQ3R: Publikasi STKIP Siliwangi.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13147
Refbacks
- There are currently no refbacks.