Team Assisted Individually dan Pair Check Untuk Meningkatkan Soft Skill Dengan Memperhatikan Konsep Diri

Gadis Wulandari, Edy Purnomo, Pujiati Pujiati

Abstract


The purpose of this research was to know differences soft skill between students learning using team assisted individually and pair check with attention to selfconcept.The method used in this research is quasi experiment with comparative approach. Resarch design used is by level design. This research conducted in SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. The population in this study were 4 classes and the samples used by 2 classs with VIII A and VIII D was determined through random cluster sampling.Technique of taking data through observation and questionnaire. Hypotesis testing using two way analysis of variants and t-test formula. The results of data analysis show there is difference of mean soft skill between student learning using cooprative learning model of team assisted individually and pair check type in social studies integrated.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang perbedaan soft skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Team Assisted Individually (TAI) dan Pair Check (PC) dengan memperhatikan konsep diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan by level desain. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu VIII A dan VIII D yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data melalui observasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan rata-rata soft skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individually dan pair check pada mata pelajaran IPS Terpadu.

Kata Kunci: soft skill, team assisted individually, pair check, konsep diri.

| Abstract views: 111 | PDF views: 10

Full Text:

PDF

References


Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.

Elfindri,. 2010. Soft Skills untuk Pendidik. t.k.: Baduose Media.

Ghufron, M.Nur. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Huda. 2013. Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mardatillah. Annisa. 2016. Think and Grow Success by Soft Skill. Solo: Aryhaeko Sinergi Persada.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyantoko, Amat. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Pair Check dan Think Pair Share Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Suyitno. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kharisma Putra Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.