Pemahaman Model Resitasi dan Teams Games Tournament Memperhatikan Kecerdasan Adversitas

Mindi Eka Suri, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


The purpose of this research was to find out the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of Resitasi and Teams Games Tournament (TGT) by considering the adversity quotient (AQ). Research methodology used in this research was experiment research with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which were true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done by using test. Data collected through achievement test treated with the formula t-test and ANOVA. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in learning outcomes and the interaction of the use of cooperative learning model of Student Resitasi and Teams Games Tournament (TGT) type by considering theadversity quotient (AQ).

Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Resitasi dan Teams Games Tournament (TGT) dengan memperhatikan kecerdasan adversitas (AQ). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif.Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen).Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen).Pengumpulan data dilakukan tes. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar diolah dengan rumus t-test dan ANAVA.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Resitasi dan Teams Games Tournament (TGT) dengan memperhatikan kecerdasan adversitas (AQ).

Kata kunci: AQ,Pemahaman, Resitasi, Teams Games Tournament


Full Text:

PDF

References


Fajri dan Senja. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Difa Publiser. Jakarta.

http://ian43.wordpress.com/2010/12/17/pengertian-pemahaman/).

Oganda, Putra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar

Rusman. 2012. Model model Pembelajaran Pengembangan Profesionalisme Guru. Bandung: PT. Mulia Mandiri Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif da R & D). Bandung: Alfabeta.

Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Stoltz, G. Paul. 2000. Adversity Quotient. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.