Hasil Belajar Ekonomi Model CTL dan QT Dengan Memperhatikan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Teaching dengan memperhatikan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas kelas X IPS di SMA N 1 Lahat dengan populasi yang berjumlah 148 siswa dan jumlah sampel sebanyak 71 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan test. Analisis data menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sample independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Teaching dengan memperhatikan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: CTL, hasil belajar, kritis, QT.
Full Text:
PDFReferences
DePorter, Bobbi, dkk. 2005. Quantum Teaching. Terj. Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.
Hadisubroto, T. & Herawati, I.S. 2004. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamiyah, Nur. 2014. Srategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Konstektual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Muslich, Masnur. 2008. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara. Jakarta.
Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2011. Pembelajaran dalam Implementasi. Jakarta: Kencana.
Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Zuchdi, D. 2008. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12624
Refbacks
- There are currently no refbacks.