Pengaruh Minat, Cara dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mempertimbangkan Motivasi
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat belajar, cara belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar dengan mempertimbangkan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul diolah dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa : Ada pengaruh minat belajar, cara belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar dengan mempertimbangkan motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : cara, hasil, minat, motivasi, perhatian orangtua
Full Text:
PDFReferences
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali, H. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Pasal 1 Tentang Standar Penilaian Tentang Pendidikan.
Sardiman, 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memepengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sobri, M. Alisuf. 2006. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12079
Refbacks
- There are currently no refbacks.