Pengaruh Minat, Cara dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mempertimbangkan Motivasi

Desi Wulandari, I Komang Winatha, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this research was to know the influence of learning interest, learning method and parental towards the results of the study through learning motivation. The method used in this research is descriptive verification with ex post facto and survey approach. The data were collected through questionnaries. The data which were collected were analyzed by using SPSS program. The results showed that: there is an influence of learning interest, learning method and parental toward the results of the study through learning motivation in economics lesson in grade X SMA Negeri 4 Bandar Lampung in the academic year 2016/2017.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat belajar, cara belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar dengan mempertimbangkan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul diolah dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa : Ada pengaruh minat belajar, cara belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar dengan mempertimbangkan motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci : cara, hasil, minat, motivasi, perhatian orangtua


Full Text:

PDF

References


Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, H. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Pasal 1 Tentang Standar Penilaian Tentang Pendidikan.

Sardiman, 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memepengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sobri, M. Alisuf. 2006. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.