PENGARUH MEDIA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR MEMPERHATIKAN MOTIVASI TERHADAP HASIL

Julia Marlina, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this study aimed to determine the effect of using ICT learning media, students 'perceptions about the teaching methods of teachers, students' motivation by concerning to the learning outcomes. This research used descriptive research design approach verification ex post facto and surveys. This Study was to determine the level of verification that the influence of these variables in the condition. Survey approach is the approach used to get data from a particular place is natural (not artificial), but researchers do treatment in data collection for example by circulating questionnaires, tests, and structured interviews. The data collection was done by spreading questionnaires to 60 students consisting of four classes. Data were collected through questionnaires processed with SPSS. This study uses regression test, this regression testing against using Analysis of Variance (ANOVA). Based on data analysis result that there are media influence learning ICT and students perceptions about teaching methods of teachers by watching student's motivation to study on learning outcomes.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran ICT, persepsi siswa tentang metode mengajar guru, dengan memperhatikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Penelitian ini merupakan verifikatif yaitu untuk menentukan tingkat pengaruh variabel-variabel dalam satu kondisi. Pendekatan survey adalah pendekatan yang digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data misalnya dengan mengedarkan kuesioner, test, dan wawancara terstruktur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket kepada 60 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan program SPSS. Penelitian ini menggunakan uji regresi, pengujian terhadap regresi ini menggunakan Analisis Varians (ANAVA). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh media pembelajaran ICT dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dengan memperhatikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar.

Kata kunci: hasil belajar, media pembelajaran ICT, motivasi belajar, persepsi siswa tentang metode mengajar guru.


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Nashar. 2004. Motivasi belajar, Cetakan Pertama, Penerbit : Ghalia Indonesia. Jakarta

Permendiknas 22 Tahun 2006 StandarIsi/StandarKompetensi Dasar SMA

Sardiman, A.M.2001. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sukwiaty, dkk, 2009.Ilmu Ekonomi. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-undangnomor 20 tahun 2003 pasal 3 Tentang Pendidikan

Uno, B. Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: BumiAksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.