PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MODEL SAVI DAN SCAFFOLDING DENGAN MEMPERHATIKAN CARA BERPIKIR
Abstract
The purpose of this research was to know the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of SAVI (SA) and Scaffolding (SC) type by considering the way of thinking. Research methodology used in this research was experiments with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which is true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done, by using test. The data which were collected by test of learning outcomes were analyzed by using SPSS program. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in learning outcomes and the interaction of the use of cooperative learning model of SAVI type and Scaffolding by considering the way of thinking.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI (SA) dan Scaffolding (SC) dengan memperhatikan cara berpikir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan tes. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe SA dan SC dengan memperhatikan cara berpikir.
Kata kunci: cara berpikir, hasil belajar, savi, scaffolding.Full Text:
PDFReferences
Cazden. 2001. Proses Pembelajaran Tipe Scaffolding. Semarang: Adi Karya
Cohen. 2002. Pandangan Psikomotorik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Meier, Dave. 2005. Proses Belajar dan Pembelajaran Model SAVI. Jakarta: Raja Grafindo
Nasution. 2001. Cara Berfikir Divergen dan Konvergen. Jakarta: Rineka Cipta
Ngalimun. 2012. Model Pembelajaran SAVI. Yogyakarta: Cipta Warna
Sudarmono. 2006. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Stone. 2001. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
UU no 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11316
Refbacks
- There are currently no refbacks.