PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI LC DAN TPS DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR
Abstract
This research aimed to find out the comparison of students economics learning achivement who taught through Cooperative Learning Cycle and Think Pair Share models by concerning their motivation. This research used comparative method with experimental approach. The results showed: (1) there is a difference of students average scores who were taught through Cooperative Learning Cycle and Think Pair Share models,(2) the higher scores were achieved by the students who were taught through Cooperative Learning Cycle models who had high motivation in learning, (3) the lower scores were achieved by the students who were taught through Cooperative Learning Cycle who had low motivation in learning, and (4) there were interactions between the learning models, and students motivation in their economics achievements.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle dan Think Pair Share dengan memperhatikan minat belajar. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar Ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share,(2) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cyclelebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share bagi siswa yang memiliki minat belajar tinggi, (3) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Think Pair Share bagi siswa yang memiliki minat belajar rendah, (4) Ada interaksi antara model pembelajaran, minat belajar pada hasil belajar ekonomi.
Kata kunci: LC,minat,studi perbandinganhasil belajar ekonomi, TPSFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Amanda, Lutfia. 2014. Skripsi: Studi Komparatif Hasil Belajar IPS Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Dan Think Pair Share Dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas Terhadap Mata Pelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII SMP Miftahul Ulum Pampangan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Komari, Agus. 2015. Skripsi: Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dan Team Assisted Individualization Dengan Memperhatikan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ratna Sari, Fitri. 2013. Skripsi: Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Savi Dan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kotagajah Tahun Pelajaran 2012/2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Saonah, Siti. 2013. Skripsi: Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Moyu dan Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11037
Refbacks
- There are currently no refbacks.