PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Elisa Rismaniar Simanjuntak, I Komang Winatha, Yon Rizal

Abstract


This study aimed to determine whether there was any influence of creativity in learning and utilization of instructional media by using Macromedia Flash 8 to economics learning outcomes of students. The method used in this research was descriptive verification method with ex post facto and surveys approach. These results indicated that there are significant effects of: 1. Creativity in learning to the results of the economic study. 2. Utilization of instructional media using Macromedia Flash 8 on the results of the economic study. 3. Creativity in learning and utilization of instructional media using Macromedia Flash 8 to the results of students economic study.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran menggunakan macromedia flash 8 terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat pengaruh: 1. Pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. 2. Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran menggunakan macromedia flash 8 terhadap hasil belajar ekonomi. 3. Pengaruh kreativitas belajar dan pemanfaatan media pembelajaran menggunakan macromedia flash 8 terhadap hasil belajar ekonomi siswa.

Kata kunci: hasil belajar, kreativitas belajar, pemanfaatan media pembelajaran menggunakan macromedia flash 8.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Craft, Ana. 2005. Membangun Kreativitas Anak. Depok: Insani Perss

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

______. 2010. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, Elizabeth. 2005. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Jayadi ,Yenny Anjar. 2008. Penggunaan jurnal belajar dengan macromedia flash dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas x di sma negeri 2 surakarta.Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kusuma, Pranoto Sakti. 2011. Pengaruh Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Pasuruan. Universitas Muhammadyah Malang.

Madcom. 2004. Panduan Lengkap Macromedia Flash MX. Yogyakarta: Andi.

Rahmawati. 2012. Upaya Meningkatkan Kreativitas, Minat, dan Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Penerapan Media Flash Pada Siswa SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Lampung: Universitas Lampung.

Sadiman, Arief S dkk. 2003. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo. Jakarta.

Sousa, David A. 2012. Bagaimana Otak yang Berbakat Belajar. Jakarta: PT Indeks.

Tirtiana, Chandra Putri. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013. Semarang. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F11010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.