HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MODEL TPS DAN PBL DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP SISWA

Siska Maisaroh, Nurdin Nurdin, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this research was to find out the difference of learning outcomes, the interaction of the use of cooperative learning model of Think Pair Share (TPS) and Problem Based Learning (PBL) by focusing on the attitude towards the lesson. Research methodology used in this research was experiments research with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which were true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done, by using test. The data which were collected by test of learning outcomes were analyzed by using SPSS program. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in learning outcomes and the interaction of the use of cooperative learning model of TPS and PBL by focusing on the attitude towards the lesson.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) dengan memperhatikan sikap terhadap mata pelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan tes. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan PBL dengan memperhatikan sikap terhadap mata pelajaran.

Kata kunci: hasil belajar, think pair share, problem based learning, sikap siswa

Full Text:

PDF

References


Amir, M.Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana

Dimyanti Dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. PT. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.

Isjoni. 2011. Cooperatif Learning . Bandung: Alfabeta.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama

Lie. 2004. Cooperatif Learning Memperaktekkan Cooperatif Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Rusman. 2012. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajagrafindo: Jakarta.

Siregar, Eveline. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.