TWO STAY TWO STRAY DAN TIME TOKEN TERHADAP KECAKAPAN HIDUP DENGAN PENUGASAN

Ayu Reza Ningrum, Edy Purnomo, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this research was to find out the difference of life skill, the interaction of the use of cooperative learning model of Two Stay Two Stray (TS-TS) and Time Token (TT) type by considering the techniques of task. Research methodology used in this research was experiments with comparative approach. The experimental methods were divided into two, which were true experiment and quasi experiment. The methodology that was used in this research was quasi experiment. Data collection was done, by using observation. The data which were collected by observation were analyzed by using calculation. Based on analysis of the data, it obtained the result that there is a difference in life skill and the interaction of the use of cooperative learning model of Two Stay Two Stray (TS-TS) and Time Token (TT) type by considering the task technique.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kecakapan hidup (life skill), interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Time Token (TT) dengan memperhatikan teknik penugasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode eksperimen dibedakan menjadi dua, yaitu eksperimen murni (True Eksperimen) dan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengumpulan data dilakukan observasi. Data yang terkumpul melalui observasi diolah dengan perhitungan manual. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan kecakapan hidup (life skill) dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dan TT dengan memperhatikan teknik penugasan.

Kata kunci: kecakapan hidup (life skill), time token, two stay two stray, teknik penugasan


Full Text:

PDF Untitled

References


Anwar. 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education. Bandung: Alfabeta.

Budiningsih, asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

UU no 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.