PENGARUH DISIPLIN, MOTIVASI DAN KETERSEDIAAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR

Ermiyati Ermiyati, I Komang Winatha, Tedi Rusman

Abstract


This study aimed to determine the effect of discipline, motivation, and availability of the facilities to study at school toward the economic learning result. The method used was descriptive verification with ex post facto and surveys approach. The population in this study were all the students of class XI IPS consist of 102 students and the sample was 81 students who were determined by the Slovinformula. The sampling technique that was probability sampling by using simple random sampling. The hypothesis testing used simple linear regression and multiple linear regression. The results showed that: There was an impact of discipline on the results to the economic learning result. There was an impact of motivationto the economic learning result. There was an impact of availability of the facilities to study at school towards the economic learning result. There was an impact together of self discipline, motivation, and availability of facilities to study at school towards the economic learning result.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, motivasi dan ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 102 siswa dan sampel 81 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Ada pengaruh ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi. Ada pengaruh secara bersama-sama disiplin belajar, motivasi belajar dan ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi.

Kata kunci: disiplin, hasil belajar, ketersediaan sarana belajar di sekolah, motivasi


Full Text:

PDF

References


Dimiyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Rusman, Tedi. 2011. Statistik Penelitian Dengan SPSS. Bandar Lampung: Percetakan Novi

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sardiman. 2011. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.