PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI
Abstract
This study attempted to assess the influence of learning interest and learning motivation, towards student achievements through learning activity. This study used descriptive verificative method with ex post facto approach. The population which were 118 studenst and 91 samples were based on Taro Yamane with simple random sampling technique. Hypothesis trial with Path Analysis. The result showed that there is an influence of learning interest and learning motivation towards learning achievements through learning activity analyzed by regression and path analysis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh minat dan motivasi belajar, terhadap prestasi belajar siswa melalui aktivitas belajar. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi berjumlah 118 siswa dan sampel 91 berdasarkan rumus Taro Yamane dengan teknik simple random sampling. Pengujian hipotesis dengan (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh minat dan motivasi melalui aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang dianalisis secara regresi maupun secara jalur.
Kata kunci: aktivitas belajar, minat belajar, motivasi belajar, prestasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Basrowi dan Akhmad Kasinu. 2007. Metodologi Penelitian Sosial Konsep, Prosedur dan Aplikasi. Jakarta: Jenggala Pustaka Utama.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Zain. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: . Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B Uno. 2006. Orentasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi.2003. Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta: UGM Press.
Nazir.2003. Metode Penelitian. Jakarta. Salemba Empat.
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi.2003. Metodologi Penelitian Kependidikan.Jakarta.Bumi Aksara.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terbaru Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10280
Refbacks
- There are currently no refbacks.