PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KETERSEDIAAN SARANA, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kebiasaanbelajar, ketersediaan sarana belajar, lingkungan keluarga, lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 190 siswa, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus Cochran. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS 16. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji regresi linier.Ada pengaruh kebiasaanbelajar, ketersediaan sarana belajardi rumah, lingkungan keluarga, lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar ekonomi.
Kata kunci: kebiasaan, keluarga, lingkungan sekolah, sarana
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mugiyo. 2008. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmanto, R.Gunawan. 2005. Analis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Bandar Lampung: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10131
Refbacks
- There are currently no refbacks.