PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PS DAN PP MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
The research was motivated by the lack of the result of economic study. The aims of the research were to determine the differences in the result of economic study and the learning model interaction and student learning motivation. The method used is comparative method of experimental approach. The study population were 184 students with 70 students as the sample. The results of analysis, (1) there are differences in the result of economic study of students who used problem solving model and Problem Posing model, (2) the average of economic study result of students who used Problem Solving is higher than Problem Posing model for students who have high learning motivation, (3) the average of economic study result of students who used Problem Posing model is higher than problem solving model for students who have low learning motivation, (4) there is an interaction between the models and the motivation of economic subject.
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi serta interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode komparatif pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 184 siswa dengan jumlah sampel 70 siswa. Hasil analisis (1) terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa menggunakan model Problem Solving dibandingkan menggunakan Problem Posing, (2) rata-rata hasil belajar ekonomi siswa menggunakan model Problem Solving lebih tinggi dibandingkan menggunakan model Problem Posing bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (3) rata-rata hasil belajar ekonomi siswa menggunakan model Problem Posing lebih tinggi dibandingkan menggunakan model Problem Solving bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (4) ada hubungan interaksi antara model dengan motivation pada mata pelajaran ekonomi.
Kata kunci: hasil belajar, PS, PP, motivasi belajar siswaFull Text:
PDFReferences
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamiyah dan Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Nurlaila, N, dkk. 2013. Pembelajaran Fisika Dengan Pbl Menggunakan Problem Solving Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. ISSN. Volume 2, No.2, http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains, 27 Desember 2014.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Internet available fromhttp://www.geocities.com/frans_98/uu/uu 2003.htm. di unduh 15 februari 2013.
Uno, H. B.2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10047
Refbacks
- There are currently no refbacks.