PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Angga Prayoga, Darlen Sikumbang, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


Based on observations in SMA Negeri 1 Purbolinggo, creative thinking skills by students haven’t been developed yet optimally. Alternative is the use of quantum learning. This study aimed to determine the effect of the use of quantum learning method the ability to think creatively by students in the major subject Human Motion Systems. This research is an experimental non-equivalent pretest-posttest-design study. The sample was XI IPA1 and XI IPA2 which was selected from the population using purposive sampling selected. Quantitative data obtained from the average value of pretest, posttest and N-gain. Qualitative data were in form of students’ learning activities, and students' responses to quantum learning method. The results demonstrate the ability to think creatively in high experimental class. The conclusion of the study is that there is a significant influence of quantum learning method toward creative thinking abilities of students in the material at the Human Motion Systems at SMA Negeri 1 Purbolinggo.

 

Berdasarkan observasi di SMA Negeri 1 Purbolinggo, kemampuan berpikir kreatif oleh siswa belum dikembangkan optimal. Alternatif  yang digunakan yaitu penggunaan metode quantum learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode quantum learning terhadap kemampuan berpikir kreatif oleh siswa pada materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia. Penelitian merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian  siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari  rata-rata nilai pretes, postes, N-gain. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan  tanggapan siswa terhadap metode quantum learning. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen tinggi. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode quantum learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Sistem Gerak pada Manusia SMA Negeri 1 Purbolinggo.

 

Kata kunci : kemampuan berpikir kreatif, metode quantum learning, sistem gerak pada manusia.

 


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Yrama Widya. Bandung

Arini. S, Dita. 2010. Keefektifan Quantum Learning dan Teknik Pemetaan Pikiran (mind mapping) Terhadap Belajar Ekonomi Pokok Materi Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas XI SMA Teuku Umar Semarang. Universitas Negeri Semarang. Semarang

De Porter, B dan Hernacki, M. 2000. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung

De Porter, B., Reardon, M. Dan Nouri, S.S. 2002. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di ruang-ruang Kelas. Kaifa. Bandung

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003. [online. http://masofa.files.wordpress.com/2008/07/permendiknas_2206_kerangka_dasar.pdf=id 5 Februari 2012] 14:27

Indra, Roni. 2011. Sukses Sebelum Lulus Kuliah. MASTER Publishing. Bandung

Rochyati, rochyati. 2006. Pengaruh Metode Quantum Teaching dan Quantum Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Aktivitas Siswa. Universitas Negeri Aceh. Aceh.

Sugiarto, I. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistik dan Kreatif. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.