PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR
Abstract
This research was held on SMP N 1 Sukadana. The purpose of this research was to find out oral communication skill and students learning outcome through NHT model. The design of this research was pretest-postest non equivalent. The learning outcome data were collected from pretest, posttest, and N-gain which was analyzed by using U test. The oral communication skill data and students questionnaire that were obtained from observation sheet was analyzed descriptively. The result showed that using NHT model could increase students learning outcome, it could be seen from the N-gain average of experiment class which was 48,86 was higher than control class which was 27,00. The average of observation percentage in oral communication skill get sufficient characterized that was 48,97%. Most of the students (94,1%) gave positive response to the using of NHT model. It could be concluded that NHT model influenced oral communication skill and students learning outcome.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Sukadana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar siswa melalui model NHT. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest kelompok tak ekuivalen. Data hasil belajar diperoleh dari nilai pretest, postest, dan N-gain yang dianalisis dengan uji U. Data kemampuan komunikasi lisan dan tanggapan siswa yang diperoleh dari lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terlihat pada rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 48,86 berbeda signifikan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain sebesar 27,00. Hasil rata-rata persentase observasi kemampuan komunikasi lisan siswa memiliki kriteria cukup 48,97%. Sebagian besar siswa (94,1%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model NHT. Dengan demikian penerapan model NHT berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, komunikasi lisan, numbered heads together
Full Text:
PDFReferences
Agustyaningrum, N. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Univeristas Negeri Yogyakarta. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/7389/, diakses 6 Maret 2015 pukul 10.00 WIB).
Crebert, G. 2004. Oral Communication. Journal of Oral Communication (stage 6), Griffith University. Australia.
Darojah, R.U. 2011. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melaporkan Dengan Media Film Animasi Siswa Kelas VIII SMPN 12 Yogyakarta (Skripsi). (Online).(http://core.ac.uk/download/pdf/110596 88.pdf, diakses 6 Maret 2015 pukul 09.18 WIB).
Halim, A. 2009. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Kegiatan Pembelajaran. (Online). (https:// www.academia.edu/4889506/makalah_penggunaan_bahasa_indonesia_dalam_kegiatan_pembelajaran (diakses pada 6 Maret 2015 pukul 09.45 WIB).
Hamalik, O. 2006. Perancanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hastriani, A. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hidayati, A.N., Rustaman, S., Redjeki dan Munandar. 2011. Training of Trainer Berorientasi Higher Order Learning Skills dan Pengaruhnya pada Prestasi serta Performance Guru. (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011). Bandar Lampung: HEPI.
Hutagalung, I. 2007. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: PT Indeks.
Iriantara, Y. 2014. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontruktivisme. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Lie, A. 2004. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Miftah. 2012. Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. (Online). (http://web.unair.ac.id/admin/file/f_35969_komunikasi-2012.pdf, diakses 11 November 2014 pukul 15.35 WIB).
Naim, N. 2011. Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurwahidah. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Numbered Head Together terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa.(Online). (http://digilib. uin-suka.ac.id/7300/, diakses 3 Februari 19.35 WIB).
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SIC.
Salam, A. 2015. Bahasa dan Pendidikan dalam Masyarakat. (Online). (http://www.academia.edu/9324367/bahasa_dan_pendidikan_dalam_masyarakat_cyber), diakses 6 Maret 2015 pukul 08.56 WIB).
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Warjianto, F. 2010. Metode Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Puzzle Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa terhadap Materi Biologi SMP Kelas VII. (Skripsi). (Online). (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/4456, diakses 18 Februari 2015 pukul 13.21 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.