PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Fajar Lestari, Arwin Achmad, Rini Rita T Marpaung

Abstract


This study aimed to determine the effect of Student Work Sheet based on Guided Inquiry of students Science Process Skill. Study design was pretest-posttest non-equivalent group. Samples were VII3 and VII4 SMPN 1 Pagelaran which were chosen by Purposive Sampling. Quantitative data which obtained from the average value of test were analyzed by t-test and U-test. The qualitative data was observation of Science Process Skill and questionnaire responses that analyzed descriptively. The results showed that the average value of N-gain (69,99) in experiment class was higher than control class (46,69), significantly. Observation result of Science Process Skill has high criteria (79,16%), and most of the students gave positive respond to Student Work Sheet based on Guided Inquiry. Therefore, using Student Work Sheet based on Guided Inquiry could increase Science Process Skill.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa. Desain penelitian pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian kelas VII3 dan VII4 SMPN 1 Pagelaran, dipilih secara Purposive Sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data observasi KPS dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi (69,99) berbeda signifikan dengan kelas kontrol (49,69). Hasil rata-rata persentase observasi KPS memiliki kriteria tinggi (79,16%) dan sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing. Dengan demikian penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains.

Kata kunci : interaksi antar makhluk hidup, keterampilan proses sains, LKS berbasis inkuiri terbimbing


Full Text:

PDF

References


Ambarsari, W., S. Santoso, dan Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Januari 2013, Vol. 5, No.1, Hal 81-95.

Devi, P. K. 2013. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: PPPPTK IPA.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hastriani, A. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kelly, D., H. Xie, C. W. Nord., F. Jenkins, J.Y. Chan, dan D. Kastberg. 2013. Performance of U.S. 15-Year-Old Students in Mathematics, Science, and Reading Literacy in an International Context: First Look at PISA 2012 (NCES 2014-024). U.S. Department of Education. Washington, DC.

Kemendikbud. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud.

Loranz, D. 2011. Course Assessment Report (CAR). (Online). (http://www.tmcc.edu/, diakses pada 12 Desember 2014; 21.27 WIB).

Purwanto, M. N. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahayu, S.P. 2010. Deskripsi Sikap Siswa Terhadap Lingkungan Melalui Pendekatan Pengungkapan Nilai (Values Clarification Approach) Pada Kelas VII MTs Guppi Natar. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Saputra, A. 2012. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Strategi Guided Inquiry di SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VIII F Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Jurnal Oktober 2012, Vol.1, No.1, Hal 36-45. Surakarta.

Setiawan B. A. 2014. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Klasifikasi Tumbuhan dengan Memanfaatkan Spesimen Awetan untuk Melatih Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas X. Jurnal Agustus 2014 Vol.3 No. 3. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetisi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Ilmiah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wilujeng, I, A. Setiawan, dan Liliasari. 2010. Kompetensi IPA Terintegrasi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Mahasiswa S-1 Pendidikan IPA. Jurnal Cakrawala Pendidikan November 2010, Th. XXIX, No. 3. Yogyakarta.

Windarwati, A. 2014. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.